Penggunaan Software ERP bagi Bisnis Anda

ERP adalah software yang mampu menunjang kesuksesan sebuah perusahaan. Kelebihan ERP sebagai software yang terintegrasi dapat meningkatkan efisiensi bisnis dan mempermudah proses pengambilan keputusan. 

ERP sendiri merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning atau dalam bahasa Indonesia, perencanaan sumber daya perusahaan. Sesuai namanya, software ini memudahkan perencanaan sumber daya manusia maupun sumber daya alam secara terintegrasi. 

Solusi digital ini hadir untuk menunjang kegiatan bisnis berbagai jenis perusahaan di berbagai industri. Mulai dari perusahaan perdagangan, ekspedisi, pendidikan, bank, hingga layanan kesehatan. 

Mengenal ERP


ERP berawal dari Material Requirements Planning (MRP), yakni sistem perencanaan kebutuhan material yang dibentuk sekitar tahun 1960-an. MRP berfungsi untuk membantu perusahaan dalam mengelola material agar proses produksi berjalan lebih efisien. Namun, MRP hanya fokus pada perencanaan material. 

Sekitar tahun 1980-an, MRP II, yakni Manufacturing Resource Planning mulai dikembangkan. Cakupannya lebih luas, yakni mencakup perencanaan produksi, perencanaan kapasitas, dan manajemen rantai pasok. Dengan begitu, kegiatan operasional pun jadi lebih optimal. 

Pada tahun 1990-an, para praktisi mulai menggabungkan MRP II dengan berbagai modul baru, seperti: sumber daya manusia, manajemen proyek, dan keuangan. Di sinilah konsep ERP muncul. 

Sejak saat itu, ERP terus berkembang guna memberikan visibilitas penuh atas semua proses bisnis mereka. Memasuki tahun 2000-an, ERP berkembang menjadi lebih fleksibel dan modular, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan. 

Di era transformasi digital ini, hadir ERP cloud yang memudahkan pengelolaan data secara real time dari mana saja. Hal ini meningkatkan kolaborasi antardepartemen dan memudahkan pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat. 

Kelebihan ERP untuk Perusahaan Anda

Berikut adalah sejumlah kelebihan ERP yang bisa dirasakan oleh perusahaan Anda.

1. Meningkatkan Efisiensi


Otomatisasi dan integrasi dari ERP mampu mengotomatiskan berbagai jenis pekerjaan, terutama yang bersifat administratif. Dengan begitu, para karyawan dapat berfokus pada pekerjaan lain yang bersifat analitis dan strategis. 

Peningkatan efisiensi juga mampu mengurangi berbagai hambatan kerja, mempersingkat waktu kerja, dan memberikan laporan yang lebih transparan, baik dari segi keuangan maupun rantai pasokan. 
 
Selain itu, dengan peningkatan efisiensi, perusahaan dapat tumbuh lebih cepat dan menjadi yang terdepan dalam persaingan di industrinya. 

2. Ramah Lingkungan

Isu lingkungan merupakan isu yang hangat diperbincangkan berbagai kalangan saat ini. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menampilkan tindakan ramah lingkungan. 

ERP dapat membantu perusahaan untuk menjadi ramah lingkungan. Berkat kecanggihan teknologi dari software ERP, berbagai fungsi dalam perusahaan dapat dijalankan secara online, sehingga mengurangi pemakaian kertas.  

Tak hanya itu, hadirnya ERP juga memudahkan proses kerja dari mana saja, sehingga perusahaan hanya perlu menyewa ruangan sesekali saja untuk acara tertentu. Hal ini tentu menghemat penggunaan listrik dan AC, sehingga berdampak baik terhadap lingkungan.

3. Memudahkan Kolaborasi

Penerapan ERP cloud mengizinkan para karyawan untuk bisa berkolaborasi dari mana saja. Ini karena adanya transparansi dan integrasi data antardepartemen yang bisa diakses dari mana saja oleh setiap karyawan. 

Transparansi tersebut tentu memudahkan komunikasi antardepartemen dan mencegah kesalahpahaman yang dapat menghambat proses bisnis. Tak hanya antardepartemen, ERP juga memudahkan kolaborasi bersama pihak eksternal, seperti supplier dan vendor. 

Meski begitu, data-data perusahaan yang bersifat rahasia tetap bisa diatur agar hanya bisa diakses oleh manajer tertentu. Dengan demikian, proses kerja dan pemantauan bisa berjalan dengan lebih lancar. 

4. Menghemat Biaya Operasional

Investasi awal untuk penggunaan ERP memang tidak kecil. Namun, berkat otomatisasi dari ERP, perusahaan bisa menghemat berbagai biaya operasional. 

Sebagai contoh, perusahaan tidak perlu menyewa gedung dan membayar berbagai tagihan operasional setiap bulannya. Pasalnya, ERP cloud mengizinkan kolaborasi dari mana saja, sehingga setiap karyawan bisa bekerja dari mana saja.      

Memang ada perusahaan yang tetap membutuhkan gedung untuk produksi, seperti perusahaan manufaktur. Namun, ERP bisa meningkatkan efisiensi prosesnya, sehingga dapat meminimalkan tagihan listrik dan menghemat waktu produksi. 

5. Bersifat Fleksibel
  

Selanjutnya, ERP juga bersifat fleksibel, karena bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan dan keunikan bisnis setiap perusahaan. Pihak perusahaan juga bisa membeli modul tertentu saja sesuai kebutuhan.  

Selain itu, perusahaan selalu tunduk pada standarisasi industri tempatnya berada. Contohnya perusahaan farmasi tunduk pada aturan BPOM dan perusahaan otomotif tunduk pada aturan MMOG/LE. 

Ketika terjadi perubahan dari aturan tersebut, ERP bisa dikustomisasi untuk segera beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi. Dengan demikian, perusahaan bisa tetap mematuhi aturan, sehingga terhindar dari tindak pelanggaran.  

Demikian berbagai kelebihan ERP yang bisa dirasakan oleh berbagai jenis perusahaan yang menggunakanya. Silakan pertimbangkan penggunaan ERP dari berbagai vendor dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  







in ERP
Keuntungan Penggunaan Sistem ERP bagi Perusahaan yang Perlu Kamu Ketahui