Mengenali Aplikasi ERP dan Keuntungannya Bagi Bisnis Anda

Digitalisasi masa kini menuntut bisnis untuk terus bergerak dengan cepat dan tepat dari hari ke hari. Untuk membantu kecepatan dan ketepatan proses bisnis, aplikasi ERP mampu meningkatkan efisiensi seluruh proses bisnis. 

ERP dapat memusatkan seluruh proses bisnis di dalam satu aplikasi, sehingga perusahaan tidak hanya perlu menggunakan banyak aplikasi. Hal ini dapat menghemat biaya operasional. 

Lantas, apa itu ERP? Mari pengertian, tujuan, sejarah, dan keuntungan penggunaannya di bawah ini.

Mengenai Aplikasi ERP & Sejarahnya  



ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning, yakni aplikasi yang mampu mengintegrasikan seluruh proses bisnis secara otomatis guna meningkatkan efisiensi seluruh aktivitas bisnis dan proses pengawasan. 

Aplikasi ERP bertujuan untuk menyederhanakan bisnis lewat perekaman dan integrasi seluruh proses bisnis. Mulai dari pemasaran, penjualan, keuangan, pembelian, pengadaan, manajemen rantai pasokan, manajemen risiko, hingga manajemen proyek.    

Konsep ERP mulai ada sejak tahun 1960. Pada saat itu beberapa perusahaan telah menggunakan jaringan lokal untuk merekam proses inventaris dan keuangan. 

Pada tahun 1970-an, para ahli mengembangkan Manufacturing Resource Planning (MRP) untuk mengelola produksi di perusahaan manufaktur. Pada tahun 1980-an, MRP dikembangkan menjadi MRP II untuk menangani penjadwalan produksi yang cukup rumit.  

Pada tahun 1990-an, Gartner Group mengembangkan MRP II jadi ERP, yang mampu mengintegrasi proses pergudangan dan keuangan. 

Pada tahun 2000-an, ERP semakin dikembangkan dengan berbagai modul, seperti manajemen rantai pasokan dan manajemen proyek. Selain itu, kini hadir pula cloud-based ERP yang memungkinkan penyimpanan yang aman.  

Keuntungan Penggunaan ERP Bagi Bisnis Anda

Aplikasi ERP dapat digunakan oleh berbagai perusahaan, mulai dari yang berskala kecil, menengah, hingga besar. Berikut adalah sejumlah keuntungan penggunaan ERP. 

Mengamankan Data 

Terkait keamanannya, kini sudah banyak cloud-based ERP, yang memudahkan penyimpanan semua data di dalam komputasi awan. Dengan begitu, data perusahan akan tersimpan dengan aman tanpa memerlukan supercomputer.  

Seluruh data di ERP terenkripsi dengan baik, sehingga semua data sensitif aman dari ancaman cyber. Apabila dibutuhkan akses khusus untuk data sensitif, maka ERP juga dapat dikustomisasi untuk memenuhi kebutuhan itu. 

Sebagai aplikasi yang terintegrasi, ERP dapat dipantau oleh pihak berwenang, seperti tim audit. Hal ini dapat mencegah terjadinya kecurangan dan kebocoran data.   

Menghemat Biaya Operasional 


Dalam jangka panjang, ERP dapat menghemat biaya operasional, menyederhanakan berbagai proses. Selain itu, ERP mengotomatiskan berbagai proses, sehingga meringankan tugas para karyawan dan menghindarkan mereka dari berbagai kekeliruan. 

Terkait biayanya, kini sudah banyak open-source ERP dengan harga yang cenderung lebih murah daripada proprietary ERP. 

Perbedaan proprietary ERP dan open-source ERP terletak pada pengembangannya. Proprietary ERP dilindungi HAKI, sehingga tidak bisa dikembangkan dengan bebas, sedangkan open-source ERP bisa, karena source code-nya pun dibagikan kepada para pengembang.  

Memudahkan Kolaborasi


Selanjutnya, setiap data yang terekam dalam ERP juga bisa diakses dari mana saja dan kapan saja secara real time. Hal ini dapat memudahkan kolaborasi antardepartemen. 

Kemudahan ini melancarkan komunikasi antardepartemen, sehingga meminimalkan kemungkinan salah paham. Dengan begitu, seluruh alur kerja dapat berjalan dengan lancar.  

Kolaborasi ini juga dapat meringankan biaya operasional karena para karyawan tidak perlu pergi ke kantor setiap hari. Hal ini dapat menekan tagihan listrik dan air.     

Memudahkan Proses Pengambilan Keputusan dan Pembentukan Strategi 


Semua data dan proses dari setiap departemen akan direkam secara otomatis di dalam ERP. Semua data itu bisa diakses secara real time oleh pihak berkepentingan. 

Akses data yang real time dan akurat memungkinkan para manajer untuk melakukan analisis dan mengambil keputusan strategis dengan cepat dan tepat. 

Selain keputusan yang tepat, para manajer juga bisa membuat strategi dan perkiraan yang realistis. Baik dalam segi keuangan, penjualan, maupun lainnya.    

Demikian berbagai keuntungan penggunaan ERP untuk perusahaan Anda. Untuk menggunakan ERP, gunakan jasa vendor ERP yang tepercaya, seperti Groow ERP.  




in ERP
Apa yang Dimaksud dengan Sistem ERP