Kepanjangan ERP, Manfaat, dan Cara Kerjanya untuk Sederhanakan Bisnis

ERP adalah software bisnis yang kini banyak dicari perusahaan menengah ke atas demi menyederhanakan proses bisnis yang kompleks. Kepanjangan ERP sendiri adalah Enterprise Resource Planning. Ada yang menyebutnya sebagai software, program, atau bahkan sistem.

Memuat kata “enterprise”, wajar saja jika software ini dicari perusahaan menengah ke atas. Hal ini karena tidak seperti perusahaan menengah ke bawah, perusahaan menengah ke atas memiliki proses bisnis yang lebih kompleks dan jumlah produksi yang lebih banyak.


Definisi ERP Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi ERP menurut para ahli: 

Menurut Gartner, ERP adalah sistem perangkat lunak yang memungkinkan integrasi informasi dan proses bisnis di dalam perusahaan, dari perencanaan sumber daya, pengadaan, produksi, distribusi, hingga manajemen keuangan dan sumber daya manusia.

Menurut American Production and Inventory Control Society (APICS), ERP adalah sistem perangkat lunak yang terintegrasi, dirancang untuk memfasilitasi dan mengoptimalkan operasi bisnis internal sebuah perusahaan.

Menurut International Journal of Research in Engineering and Technology (IJRET), ERP adalah sistem perangkat lunak yang terintegrasi, dirancang untuk mengoptimalkan sumber daya perusahaan dan memastikan informasi yang konsisten dan akurat untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Apa Itu Sistem ERP?
Berdasarkan 3 definisi ERP di atas, dapat disimpulkan bahwa ERP adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengintegrasikan dan mengelola berbagai proses bisnis dalam suatu perusahaan.

Software ERP memungkinkan informasi dan data dari departemen yang berbeda seperti keuangan, produksi, persediaan, dan sumber daya manusia untuk diakses dan dikelola secara terpusat. Oleh karena itu, ERP software adalah alat yang dapat meningkatkan efisiensi dan menyederhanakan proses bisnis perusahaan.

Manfaat Software ERP

Seiring perkembangan teknologi, software ERP juga semakin berkembang dan memberikan manfaat yang signifikan bagi perusahaan. Berikut adalah manfaat software ERP bagi perusahaan:

1. Meningkatkan Akurasi Data
Software ERP mampu mengelola beberapa proses bisnis dalam satu sistem yang terintegrasi. Dengan begitu, data yang dihasilkan oleh software ERP menjadi lebih akurat dan terpercaya.

Akurasi data yang baik ini dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan yang tepat. Perusahaan dapat mengembangkan strategi bisnis yang lebih baik dan meningkatkan layanan kualitas sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas
ERP software juga mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan dengan mengatur proses aktivitas secara rutin yang efisien dan efektif. Seperti halnya proses pengiriman, pemesanan, manajemen kas, manajemen kualitas, kinerja pemasok, hingga realisasi penjualan. Dengan pengaturan yang baik dari ERP software, perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk proses bisnis tersebut.

3. Memudahkan Perencanaan dan Manajemen Sistem Informasi 
Program ERP dapat mendukung pengambilan keputusan terbaik melalui alat simulasi dan perencanaan. Dengan menggunakan fasilitas tersebut, perusahaan dapat menentukan sumber daya yang tepat untuk memenuhi suatu kebutuhan tertentu.

Selain itu, program ERP juga dapat menyajikan laporan yang dibutuhkan manajemen sehingga dapat diakses kapan saja ketika dibutuhkan. Hal ini dapat memudahkan perencanaan dan pengambilan keputusan dengan lebih cepat dan tepat.

Cara Kerja Sistem ERP

Prinsip kerja sistem ERP adalah mengumpulkan data dari seluruh departemen perusahaan, kemudian mengintegrasikannya menjadi satu sistem manajemen informasi terpusat yang dapat diakses oleh seluruh pengguna di perusahaan. Salah satu keuntungan dari sistem ERP adalah penggunaan dashboard yang memudahkan pengguna melihat data real-time yang dihimpun dari proses bisnis di seluruh departemen. 

Misalnya, ketika sistem ERP menerima pesanan dari pelanggan, sistem secara otomatis akan mengirimkan informasi ke pusat distribusi yang paling efisien untuk memenuhi pesanan tepat waktu. Sistem ERP dapat melihat tingkat inventaris, waktu pengiriman, dan faktor lain untuk memutuskan pusat distribusi mana yang paling produktif dan hemat biaya dalam menyelesaikan pesanan tersebut.

Cara kerja program ERP memungkinkan data dari berbagai departemen dibagikan dan diakses oleh semua orang di organisasi. Dengan demikian, program ERP menyatukan semua orang di satu sumber yang sama, sehingga dapat menyederhanakan proses dan mengurangi waktu kerja.

Selain itu, program ERP juga dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan dengan memudahkan pengambilan keputusan dan meningkatkan efisiensi operasional. Kini bahkan sudah ada beberapa open-source ERP yang bisa dikustomisasi secara bebas sesuai kebutuhan setiap bisnis, contohnya Groow ERP. 

5 Contoh Program ERP Terbaik​

Usai mengetahui pengertian, manfaat, dan cara kerja program ERP, kini saatnya mengetahui contoh program ERP yang bagus untuk Anda gunakan, di antaranya: 

1. Groow ERP


Groow adalah program ERP Indonesia yang sepenuhnya dapat disesuaikan dan dirancang untuk mendukung pertumbuhan perusahaan Anda. Software ini cocok untuk bisnis menengah yang mengantisipasi pertumbuhan dan dapat menambahkan sumber daya dan fungsionalitas seiring dengan skala bisnis Anda.

Groow menawarkan fitur-fitur canggih termasuk perencanaan dan manajemen keuangan, manajemen pesanan, dan manajemen produksi. Selain itu, software ERP ini juga dapat mengakomodasi kebutuhan lain, seperti: manajemen rantai pasokan, gudang, dan penjualan Anda.

Dengan Groow, Anda bisa mengelola inventaris dan logistik secara real-time dan memaksimalkan efisiensi. Bersamaan dengan fitur-fitur ini, Groow juga menawarkan alat intelijen bisnis asli untuk membantu Anda mendapatkan analitik dari data perusahaan Anda untuk keputusan bisnis yang dapat ditindaklanjuti dengan lebih baik.

Program ERP Indonesia ini juga memungkinkan otomatisasi di seluruh perusahaan di cloud melalui integrasi yang mulus. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi operasional dengan memanfaatkan teknologi terbaru.

Beberapa keuntungan yang akan Anda nikmati dengan memilih Groow termasuk fleksibilitas dan kustomisasi tinggi, otomatisasi tingkat tinggi, dukungan pelanggan yang sangat baik, dan fungsionalitas yang kuat.

Software ERP Indonesia ini juga dapat diintegrasikan dengan berbagai e-commerce, sehingga memudahkan kegiatan penjualan dan perhitungan inventaris. Selain itu, Anda dapat menggunakan Groow dengan semua jenis atau ukuran bisnis. Mulai dari manufaktur, perdagangan, jasa, food and beverage, hingga koperasi kantor. 

2. Microsoft Dynamics 365
Microsoft Dynamics 365 menyediakan fitur yang berbeda dari beberapa alat ERP lainnya karena tidak menawarkan produk tunggal. Sebaliknya, Anda mendapatkan beberapa bundel berdasarkan apa yang Anda butuhkan dengan kategori seperti pemasaran, penjualan, layanan pelanggan, operasi, keuangan, dan lainnya.

Program ERP ini memiliki aplikasi untuk kategori tertentu dan kasus penggunaan yang fleksibel. Misalnya, operasi dibundel dengan aplikasi untuk otomatisasi layanan proyek, manajemen rantai pasokan, dan pusat bisnis. Dynamics 365 memungkinkan Anda untuk memilih produk spesifik yang Anda inginkan sambil mendapatkan manfaat dari lisensi dan diskon tambahan.

Fitur-fitur lain yang dapat Anda temukan pada Microsoft Dynamics 365 termasuk analitik prediktif untuk wawasan yang dapat ditindaklanjuti dan laporan yang baik, integrasi pihak ketiga dengan aplikasi Microsoft seperti Outlook, Word, dan Sharepoint. 

Anda juga dapat memanfaatkan realitas campuran sehingga Anda dapat mendesain ruang fisik secara virtual dan bantuan jarak jauh untuk kolaborasi dengan orang lain, serta autentikasi server untuk keamanan data.

Microsoft Dynamics 365 juga memiliki antarmuka pengguna yang mudah digunakan dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan perusahaan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dan fungsi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah.

3. SAP Business One 
SAP Business One menyediakan berbagai modul ERP penting, seperti: manajemen inventaris, penjualan, CRM, keuangan, dan analitik. Hal ini menjadikan SAP Business One sebagai solusi layanan yang lengkap. 

Perangkat lunak ERP ini menawarkan kontrol penuh dan visibilitas bisnis Anda, dan lebih dari 500 add-on sehingga Anda dapat menyesuaikan perangkat lunak Anda berdasarkan jenis bisnis dan kebutuhan industri.

Anda juga mendapatkan akses seluler intuitif untuk perangkat Android dan iOS sehingga Anda dan tim Anda dapat mengakses platform di mana pun Anda berada. SAP Business One memungkinkan Anda untuk mengatur peringatan dan menyelesaikan persetujuan dari perangkat seluler, memeriksa inventaris, melihat laporan waktu nyata, dan bahkan mengelola tiket layanan.

Sistem ERP ini kompatibel dengan sistem operasi utama termasuk Windows, Mac, dan Linux, dan menawarkan berbagai integrasi termasuk Dell Boomi, Hybris Cloud, Outlook, dan banyak lagi. Dengan SAP Business One, Anda dapat mengintegrasikan platform dengan alat lain yang Anda gunakan untuk mendapatkan solusi yang terintegrasi. 

4. Workday ERP
Workday ERP memiliki beberapa manfaat yang mencakup dukungan telepon, online, dan email. Program ERP ini juga kompatibel dengan perangkat iOS dan Android, menawarkan protokol keamanan data yang sangat baik, dan lingkungan yang luar biasa di mana Anda dan rekan tim Anda dapat berkolaborasi.

Selain itu, nawarkan integrasi pihak ketiga yang luas, dan memiliki antarmuka yang intuitif namun ramah pengguna. Dengan semua fitur dan manfaat yang ditawarkannya, Workday adalah software ERP yang cocok untuk meningkatkan efisiensi operasional dan manajemen sumber daya manusia perusahaan.

5. Aptean ERP
Aptean adalah program ERP yang mudah dikelola dan dirancang untuk produsen, distributor, dan importir untuk mengelola barang-barang konsumen. Platform ini menawarkan berbagai macam program ERP khusus untuk industri yang berbeda, dan dapat diakses melalui platform desktop seperti Windows, Mac atau Linux.

Aptean juga memiliki aplikasi seluler untuk perangkat Android dan iOS sehingga Anda dapat mengelola dan menjual barang kapan saja dan di mana saja. Dengan menggunakan Aptean ERP, Anda dapat melacak semua aspek bisnis Anda secara real-time, yang memungkinkan Anda membuat keputusan bisnis yang lebih tepat.

Aptean menawarkan akses sesuai permintaan ke keuangan bisnis, data kinerja, analisis profitabilitas, dan penjualan. Data tersebut membantu Anda mengubah proses intelijen bisnis Anda. Untuk pengecer dan produsen, program ERP ini mencatat dan melacak proses penjadwalan, biaya, tenaga kerja, dan penjualan.

Sebagai software ERP berbasis cloud, Aptean menyediakan cadangan data secara teratur, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan data penting bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengakses berbagai fitur, seperti katalog produk dan data penjualan melalui aplikasi seluler. Hal ini memberikan kemudahan akses untuk penggunanya. 

Kesimpulan
Program ERP dapat menjadi solusi yang sangat berguna untuk perusahaan menengah ke atas. Penggunaan program ERP Indonesia dapat membantu bisnis dalam mengelola operasional dan sumber daya mereka dengan lebih efisien.

Di dalam memilih solusi ERP yang tepat untuk bisnis Anda, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan bisnis Anda untuk mengelola dan mengimplementasikan software ERP yang digunakan. Untuk software ERP Indonesia yang mudah digunakan (user-friendly) dan bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan, hubungi Groow ERP di nomor 081398261262. 



in ERP
Bagaimana Cara Kerja ERP untuk Meningkatkan Efisiensi Bisnis?