7 Tips Memilih Software Akuntansi Terbaik, Manfaat, dan Contohnya

Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini software akuntansi atau aplikasi akuntansi telah menjadi salah satu software kebutuhan mutlak bagi setiap perusahaan, baik itu kecil maupun besar. Dengan adanya software akuntansi, semua aspek perhitungan dan pembukuan menjadi lebih mudah, cepat, dan tentunya lebih akurat.

Dirancang secara khusus untuk mendukung pencatatan transaksi secara real-time, software akuntansi mampu membantu mengelola berbagai jenis transaksi, seperti pembelian (account payable), penjualan (account receivable), buku besar (ledger), neraca (balance sheet), laporan laba rugi (income statement), dan masih banyak lagi.

Pengertian Software Akuntansi

Software akuntansi adalah sebuah sistem aplikasi komputer yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengelola keuangan bisnis dan tugas-tugas akuntansi secara lebih efisien dan efektif.

Software akuntansi online dapat membantu perusahaan dalam melakukan berbagai macam tugas akuntansi. Sebut saja pencatatan transaksi keuangan, pembuatan laporan keuangan, perencanaan anggaran, pengelolaan stok barang, pengelolaan tagihan dan pembayaran, serta pemantauan performa keuangan secara real-time.

Keberadaan software akuntansi dapat meminimalkan risiko kesalahan dalam perhitungan dan pengelolaan keuangan. Hal ini dapat turut meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pekerjaan akuntansi.


Mengapa Pengerjaan Akuntansi Manual Ditinggalkan?

Jika Anda masih menggunakan sistem pencatatan tradisional seperti buku dan pena untuk mencatat laporan keuangan, maka sebaiknya tempat usaha Anda segera mengevaluasi kembali dan memastikan apakah sistem yang digunakan sudah tepat.

Kenyataannya, banyak perusahaan yang telah beralih dari akuntansi tradisional ke sistem akuntansi modern yang lebih efisien dan efektif. Hal ini dikarenakan sistem akuntansi tradisional memiliki beberapa kelemahan yang dapat membahayakan keamanan data perusahaan, antara lain:

Pengelolaan yang Terbatas

Sistem akuntansi tradisional memiliki keterbatasan dalam mengelola karena memiliki jumlah data yang besar. Hal ini dapat menyulitkan proses dalam pencatatan biaya dan pengolahan data keuangan perusahaan.

Risiko Kesalahan Perhitungan dan Kehilangan Data

Pencatatan manual pada buku dan pena rentan terhadap kesalahan dan kehilangan data. Selain itu, pencatatan tradisional juga dapat menyebabkan data menjadi tidak teratur dan sulit diakses.

Tidak Real-Time

Pencatatan tradisional tidak dapat memberikan informasi secara real-time. Hal ini dapat menyebabkan perusahaan mengalami keterlambatan dalam pengambilan keputusan dan monitoring performa keuangan.

Butuh Biaya yang Tinggi

Menggunakan akuntansi tradisional memerlukan biaya yang cukup besar. Anda harus menyediakan anggaran untuk menggaji seorang akuntan in-house untuk menangani pembukuan perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya auditor untuk memeriksa laporan keuangan perusahaan.

Kurangnya Pengawasan

Menggunakan cara akuntansi perusahaan tradisional dapat membuat Anda sulit mengawasi keuangan perusahaan dengan efektif. Data keuangan atau pembukuan perusahaan hanya dipegang oleh satu orang atau satu departemen saja, sehingga Anda akan kesulitan dalam mengendalikan dan memantau keuangan perusahaan.

Hal ini dapat menyebabkan terjadinya pelaku kecurangan atau fraud dalam perusahaan tanpa Anda sadari. Kecurangan ini dapat berbentuk penyalahgunaan aset perusahaan, manipulasi laporan keuangan demi keuntungan pribadi, atau korupsi.

Kesulitan Akses

Salah satu kelemahan dari sistem akuntansi tradisional adalah sulitnya akses informasi. Sebagai pebisnis, Anda perlu mengetahui dan mengupdate aktivitas finansial perusahaan secara berkala. Namun, pada saat yang sama, data finansial perusahaan juga merupakan informasi yang penting dan sangat dijaga kerahasiaannya.

Ketika Anda sedang berbisnis di tempat lain, kesulitan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan akan berakibat fatal pada bisnis Anda. Anda mungkin akan kehilangan kesempatan bisnis yang berharga atau membuat keputusan yang salah karena kurangnya informasi yang akurat dan up-to-date.


Manfaat Software Akuntansi

Berikut ini berbagai fitur dan manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan software akuntansi terbaik :

Otomatisasi Pelaporan secara Langsung

Sebagai bagian dari proses bisnis, perusahaan secara rutin melakukan pengecekan dan pelacakan pengeluaran terhadap laporan keuangan yang dihasilkan dari tiap bagian. Namun, jika pelacakan pengeluaran dilakukan secara manual, elaborasi data untuk memperoleh informasi dapat menjadi hal yang cukup sulit.

Di sisi lain, dengan menggunakan aplikasi akuntansi, proses pengecekan data secara langsung dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efektif. Dengan accounting software, data keuangan dapat diintegrasikan dari berbagai sumber dan diolah dengan cepat, sehingga informasi keuangan dapat tersaji sesuai dengan kebutuhan dengan lebih mudah dan cepat. Dengan demikian, accounting software dapat membantu perusahaan untuk lebih efisien dan efektif dalam mengelola laporan keuangan secara berkala.

Integrasi Data

Saat berbisnis, perusahaan seringkali dihadapkan dengan masalah pengelolaan data yang terus bertambah. Mengintegrasikan data dari berbagai sumber yang berbeda juga menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan menggunakan software akuntansi terbaik, perusahaan dapat dengan mudah mengintegrasikan data keuangan secara terpusat.

Dengan adanya software akuntansi online, pengelolaan data keuangan akan menjadi lebih efisien dan efektif. Data keuangan dari berbagai departemen dan sumber dapat diintegrasikan dan diolah secara otomatis oleh accounting software, sehingga kemungkinan adanya data yang tercecer atau tidak terinput akan semakin kecil.

Hal ini tentu saja membantu perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih baik dan akurat, serta meminimalkan kesalahan pada proses penyusunan jurnal, rekonsiliasi bank, arus kas, dan laporan keuangan.

Pengukuran Performa Keuangan Perusahaan yang Lebih Mudah

Dalam setiap divisi perusahaan, terdapat key performance indicator (KPI) yang berbeda-beda tergantung pada jenis bisnis dan tujuan perusahaan. Jika divisi akuntansi memiliki bantuan aplikasi akuntansi terbaik, maka seluruh performa keuangan dapat terpantau dengan baik sesuai dengan KPI yang telah ditetapkan.

Dalam hal ini, accounting software mampu mengenali setiap indikator KPI yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perusahaan, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan pengecekan terhadap pencapaian target dan performa keuangan.

Dengan adanya accounting software, perusahaan dapat lebih mudah mengelola data keuangan dan memonitoring performa keuangan secara real-time dengan lebih efektif. Hal ini membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan pencapaian tujuan usaha bisnis secara lebih optimal dan efisien.

Perpajakan yang Mudah

Sebagai perusahaan yang terdaftar secara sah di Indonesia, perusahaan akan dikenakan berbagai peraturan dan ketentuan pajak yang harus dipatuhi. Oleh karena itu, menjaga ketaatan terhadap peraturan pajak sangat penting bagi perusahaan.

Dalam hal ini, software akuntansi dan keuangan dapat membantu perusahaan dalam mematuhi peraturan pajak dengan lebih mudah dan efisien. Dengan adanya fitur integrasi data yang dilakukan oleh software, sistem dapat membantu penyesuaian faktur secara otomatis sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku.

Ini membantu perusahaan dalam meminimalkan risiko terlewatnya peraturan pajak, dan juga memudahkan pengelolaan administrasi keuangan secara keseluruhan. Dengan demikian, accounting software menjadi solusi accounting yang tepat bagi perusahaan untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan pajak dengan lebih efektif dan efisien.

Penagihan yang Mudah

Dengan adanya software akuntansi online yang terintegrasi, perusahaan dapat dengan mudah mendata tagihan internal dan eksternal secara lebih efisien dan akurat. Selain itu, software ini juga dengan fitur-fiturnya mampu membantu perusahaan dalam melacak proses penagihan dan pembayaran yang dilakukan dengan lebih mudah dan efektif.

Dalam hal ini, software accounting dapat membantu perusahaan dalam mengelola tagihan dan pembayaran dengan lebih baik dan teratur. Data tagihan dan pembayaran dapat terintegrasi secara otomatis oleh software, sehingga memudahkan perusahaan untuk memantau proses transaksi tersebut dengan lebih akurat dan real-time.

Hal ini membantu perusahaan untuk meminimalkan risiko kesalahan dalam pengelolaan tagihan dan pembayaran, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pekerjaan akuntansi sehari-hari.

Hemat Waktu dan Biaya

Keuntungan lain dari penggunaan software akuntansi adalah dapat menghemat waktu dan biaya. Dibandingkan dengan pembuatan laporan keuangan secara manual dengan mata uang kertas, penggunaan software akuntansi dapat membantu Anda untuk menghemat pengeluaran dan waktu yang diperlukan.

Software akuntansi dapat dioperasikan dengan sangat praktis dan efisien, sehingga Anda tidak perlu melalui prosedur pencatatan keuangan yang panjang. Semua data keuangan dapat diakses secara otomatis dan real-time, sehingga akan lebih efektif dari segi waktu.

Akurasi yang Tinggi

Penggunaan software akuntansi telah terbukti lebih akurat daripada sistem pembukuan manual. Hal ini karena software akuntansi telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat mengelola keuangan bisnis Anda secara otomatis dan akurat.

Penggunaan sistem akuntansi yang praktis dan efisien juga dapat meminimalisir tingkat kesalahan manusia dalam melakukan pencatatan keuangan. Menurut FinancesOnline, ada banyak fitur utama software akuntansi yang dapat membuat perhitungan secara otomatis saat Anda memasukkan data, mentransfer dana, dan menyesuaikan aset.

Apabila terdapat kesalahan, perangkat lunak akuntansi dapat membantu Anda untuk menemukan letak kekeliruan dengan lebih mudah dan memperbaikinya sebelum menyelesaikan laporan pada dashboard. Beberapa perangkat lunak bahkan dilengkapi dengan fitur komentar yang memungkinkan Anda untuk membuat catatan sebagai referensi untuk pembuatan laporan di masa mendatang.

Dengan penggunaan software akuntansi, keakuratan laporan keuangan perusahaan dapat dijaga dengan lebih baik, sehingga dapat membantu pemilik bisnis dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat dan mengelola keuangan perusahaan secara efektif.

Keamanan Data

Manfaat software akuntansi selanjutnya adalah informasi dan data terkait bisnis dapat tersimpan dengan lebih aman dalam sistem. Dibandingkan dengan pembuatan faktur dan laporan manual, menggunakan perangkat lunak akuntansi dapat menghemat penggunaan berbagai mata uang kertas dan tempat untuk menyimpannya.

Data yang tersimpan secara digital juga lebih aman dan terlindungi dari bencana, seperti gempa bumi, kebakaran, atau banjir. Keamanan data dalam perangkat lunak akuntansi juga terjamin karena sebagian besar dilengkapi dengan sistem kata sandi untuk mengaksesnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melindungi informasi rahasia agar tidak diakses oleh orang yang tidak berwenang.

Dengan demikian, penggunaan software akuntansi tidak hanya membantu meningkatkan efisiensi dalam pencatatan keuangan, tetapi juga dapat memastikan keamanan data bisnis Anda.

Mudah Diakses

Menggunakan software akuntansi untuk membantu pengelolaan keuangan bisnis juga memudahkan pengguna dalam mengakses data. Kapan pun data keuangan dibutuhkan, pengguna atau karyawan perusahaan dapat mencari dan menemukan data dengan lebih cepat dan mudah.

Selain itu, data yang tersimpan dalam sistem dapat diakses menggunakan perangkat apa pun, seperti PC, laptop, tablet, dan ponsel. Pengguna hanya memerlukan perangkat yang terhubung ke internet dan browser atau aplikasi seluler. Dengan demikian, akses keuangan bisnis dapat dilakukan secara fleksibel, bahkan jika tidak berada di kantor secara langsung.

Mudahnya Pengambilan Keputusan Bisnis

Dengan adanya laporan keuangan yang akurat dan manajemen inventaris yang terkelola dengan baik, Anda akan bisa membuat keputusan bisnis dengan lebih tepat dan terencana. Data yang jelas dan akurat menjadi faktor penting yang tidak bisa diabaikan. Melalui bantuan software akuntansi, berbagai informasi dan data mendukung yang diperlukan dapat tersaji dengan mudah.

Anda bisa mengetahui dengan jelas bagian keuangan mana yang memakan biaya terlalu besar atau sebaliknya, sehingga Anda bisa segera mengambil tindakan untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu, produktivitas bisnis pun bisa meningkat karena kinerjanya selalu dipantau dan diperhatikan secara maksimal.

Laporan keuangan yang jelas juga bisa membantu Anda dalam membuat keputusan penting seperti kesiapan perusahaan untuk melakukan investasi, mempekerjakan lebih banyak karyawan, mencoba strategi pemasaran baru, dan lain-lain. Penggunaan software akuntansi terbaik menyajikan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan bisnis dengan akurat dan cepat.


7 Tips Memilih Software Akuntansi Terbaik



Setelah mengetahui manfaat penting dari software akuntansi, kini saatnya untuk memilih software akuntansi terbaik. Simak tips untuk memilih software akuntansi terbaik berikut ini:

Perhatikan Keamanan Data

Menjaga keamanan data menjadi hal yang sangat penting ketika Anda memilih software, terutama software akuntansi yang berkaitan langsung dengan keuangan perusahaan. Pastikan untuk menanyakan secara rinci kepada vendor software akuntansi mengenai masalah keamanan data.

Memiliki server sendiri tentu akan lebih aman, namun tidak semua perusahaan mampu membuat server sendiri. Jika Anda tidak memiliki server sendiri, maka software akan di-install di server vendor. Sebaiknya, pilihlah vendor yang menyimpan data di cloud yang terpercaya dan aman. Ini akan memberikan jaminan keamanan data perusahaan Anda.

Pilih yang User-Friendly

Pemilihan software akuntansi yang tepat sangat penting untuk kelancaran bisnis perusahaan. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah kemudahan akses dan penggunaan. Sebab, meski dioperasikan oleh akuntan junior, software tersebut harus dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

Maka dari itu, pastikan aplikasi akuntansi yang Anda pilih memiliki tampilan yang mudah dipahami dan fitur utama yang dapat digunakan secara intuitif. Dalam hal ini, software akuntansi dengan interface yang sederhana dan user-friendly adalah pilihan yang tepat. Sehingga, tidak hanya menghemat waktu dan biaya, tetapi juga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi karyawan.

Pastikan Kemudahan Kustomisasi

Pastikan juga bahwa aplikasi akuntansi yang dipilih memiliki kemampuan untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda, seperti menyediakan template laporan keuangan sesuai dengan standar industri atau persyaratan perpajakan. Pilihlah aplikasi akuntansi yang mampu memenuhi kebutuhan bisnis Anda secara keseluruhan, dari pembuatan laporan keuangan hingga manajemen inventaris.

Pilih Aplikasi Akuntansi Berbasis Cloud

Aplikasi akuntansi berbasis cloud yang dapat diakses dari berbagai platform dan perangkat memang menjadi pilihan yang tepat dalam mengelola keuangan perusahaan. Hal ini dapat memudahkan pengguna dalam mengakses laporan keuangan kapan saja dan di mana saja.

Dengan aplikasi akuntansi cloud, Anda tidak perlu lagi repot membawa-bawa laptop atau komputer untuk mengakses laporan keuangan perusahaan. Cukup dengan mengakses dari perangkat mobile seperti smartphone atau tablet, Anda dapat mengetahui informasi keuangan terbaru dan membuat keputusan yang lebih tepat waktu.

Selain itu, penggunaan aplikasi akuntansi cloud juga memberikan fleksibilitas dalam memilih platform dan sistem operasi yang ingin digunakan. Dalam hal ini, pengguna dapat memilih menggunakan platform Windows, Mac, atau Linux, dan mengakses sistem dengan browser web atau aplikasi khusus yang dapat diunduh dari toko aplikasi.

Penggunaan aplikasi akuntansi cloud juga memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan anggota tim atau konsultan keuangan tanpa perlu bertemu langsung. Semua orang dapat mengakses data keuangan secara real-time dan bekerja sama dalam menyusun laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu.

Dengan demikian, penggunaan aplikasi akuntansi dengan basis cloud yang dapat diakses dari berbagai platform dan perangkat dapat memudahkan pengguna dalam mengelola keuangan perusahaan dengan lebih efisien dan efektif.

Pilih Sistem yang Terintegrasi

Integrasi sistem juga memudahkan Anda untuk memperbarui data secara otomatis tanpa harus memasukkannya secara manual. Hal ini bisa menghemat waktu dan mengurangi kesalahan manusia dalam proses pencatatan data.

Dalam memilih software akuntansi, pastikan juga software tersebut bisa diintegrasikan dengan software bisnis lain yang Anda gunakan, seperti aplikasi untuk penjualan dan pembelian, inventaris, atau payroll. Integrasi ini akan membuat data keuangan perusahaan menjadi lebih terintegrasi dan mudah dipantau.

Dengan demikian, Anda dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih baik dan berdasarkan data yang akurat. Salah satu aplikasi akuntansi yang memungkinkan integrasi data dengan aplikasi lainnya adalah Groow ERP.

Pastikan Adanya Fitur Back Up

Pastikan juga software akuntansi yang Anda pilih memiliki fitur back up data yang teratur dan mudah diakses. Dengan begitu, data dan informasi keuangan perusahaan akan tetap aman dan siap digunakan kapan pun jika terjadi kerusakan pada perangkat utama.

Tanyakan Layanan dan Dukungan yang Ditawarkan

Memilih vendor yang menyediakan maintenance & support dalam jangka waktu yang panjang adalah hal yang penting untuk memastikan kelancaran penggunaan software akuntansi Anda. Pastikan Anda memeriksa dengan teliti apa saja yang termasuk di dalam maintenance & support yang ditawarkan oleh vendor.

Perhatikan Rincian dan Layanannya

Perlu dipahami bahwa harga bukanlah satu-satunya faktor penting dalam memilih software akuntansi yang tepat untuk perusahaan Anda. Anda perlu mempertimbangkan juga kebutuhan perusahaan serta kegunaan fitur yang disediakan oleh software tersebut. Sebaiknya pilihlah software yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan memberikan manfaat yang sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.

Selain itu, pastikan juga bahwa vendor software memberikan layanan purna jual yang baik, termasuk dukungan teknis dan pelatihan bagi pengguna. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Anda dapat memilih software akuntansi yang tepat dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan Anda.


Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik

Setelah mengetahui tips memilih software akuntansi terbaik, kini saatnya untuk mempertimbangkan rekomendasi software akuntansi terbaik berikut ini:

Groow ERP

Goow ERP merupakan salah satu penyedia solusi enterprise resource planning (ERP) terpercaya yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam bisnis. Dengan sistem ERP, pelaku bisnis dapat mengotomatisasi dan mengintegrasikan proses bisnisnya dengan lebih baik.

Salah satu keunggulan Groow adalah kemampuannya untuk terus berinovasi dan menawarkan produk terbaiknya. Software akuntansi terbaik ini bisa terintegrasi dengan software lainnya, seperti HRM, CRM, manufacturing, inventory, manajemen aset, dan manajemen proyek. Modul-modul ini dapat dipilih dan diintegrasikan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengkustomisasi software sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

Tak hanya itu, Groow juga menawarkan fitur yang sangat menarik, yaitu dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna tanpa batas dan biaya tambahan. Hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan dan membutuhkan akses terhadap sistem ERP secara bersama-sama. Dengan segala fitur dan keunggulannya, software akuntansi terbaik ini dapat menjadi solusi tepat bagi perusahaan.

Jurnal by Mekari

Jurnal by Mekari adalah perusahaan software akuntansi online yang telah menjadi pelopor di Indonesia. Jurnal memenuhi standar keamanan ISO 27001, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang tepat bagi banyak bisnis online di Indonesia, baik start-up maupun perusahaan menengah.

Dalam hal keamanan transaksi, Jurnal by Mekari telah memiliki sistem level otorisasi yang berbeda-beda untuk setiap pengguna. Hal ini membuat pengguna tidak perlu khawatir tentang terjadinya transaksi yang tidak diinginkan. Selain itu, Jurnal sangat cocok untuk pemilik bisnis dengan beberapa cabang. Transaksi di setiap cabang akan terdata dengan sempurna berkat Jurnal.

Quickbooks

Quickbooks merupakan salah satu software akuntansi populer yang menyediakan berbagai paket premium dengan fitur yang berbeda-beda. Salah satu keunggulannya adalah integrasi dengan program lain seperti PayPal dan Stripe yang memudahkan dalam mencatat transaksi keuangan. Selain itu, Quickbooks juga menawarkan fitur potret bon untuk mencatat pengeluaran belanja perusahaan dengan lebih mudah dan akurat.

Paket Advanced dari Quickbooks menawarkan laporan keuangan yang didukung oleh Fathom, yaitu laporan keuangan online yang biasa digunakan oleh perusahaan besar. Dengan adanya laporan keuangan yang mendetail dan akurat, memudahkan pengambilan keputusan bisnis yang tepat untuk perkembangan perusahaan ke depan.

Zahir Online

Zahir adalah solusi yang tepat untuk Anda yang memiliki bisnis dengan lebih dari satu gudang penyimpanan. Fitur inventori yang dimiliki Zahir sangat berguna untuk mendata perpindahan barang antargudang.

Selain itu, laporan keuangan yang disajikan secara real time akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan secara cepat. Anda tak perlu khawatir tentang akses, karena Anda bisa mengatur kewenangan akses pengguna serta melihat rekam aktivitasnya. Dengan software akuntansi ini, Anda bisa memastikan bahwa bisnis Anda berjalan dengan lebih efisien dan efektif.

Sage

Sage merupakan software akuntansi yang dapat Anda pertimbangkan jika memiliki bisnis dengan skala menengah. Salah satu keunggulan Sage adalah kemampuannya untuk terintegrasi dengan Microsoft 365, sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses data bisnis dari berbagai perangkat. Tampilan Sage juga mudah dipahami dengan lima pilihan data yang dapat dilihat secara menyeluruh, sehingga memudahkan pengguna dalam memonitor kondisi keuangan bisnis.

Selain itu, Sage juga sangat handal dalam tracking inventaris barang-barang. Jika bisnis Anda sangat membutuhkan inventaris barang yang mumpuni, Sage bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan Sage, Anda dapat dengan mudah memonitor perpindahan barang antar gudang dan stok barang secara langsung.
Kesimpulan

Penggunaan software akuntansi yang tepat dapat membantu Anda untuk melancarkan pencatatan dan analisis keuangan dengan akurat. Dengan begitu, Anda dapat menganalisis dan mengambil keputusan dengan lebih cepat dan tepat.

Saat hendak memilih software akuntansi, pastikan Anda memilih yang sesuai kebutuhan bisnis dan kemampuan Anda. Sebaiknya pilihlah software yang mampu mengintegrasikan data dari berbagai divisi agar lebih praktis dan bisa menghindarkan setiap divisi dari kesalahpahaman.

Salah satu software yang memiliki fitur integrasi data adalah Groow ERP. Software ERP ini mampu mengotomatisasi seluruh proses bisnis secara terintegrasi dan bisa digunakan tanpa batasan jumlah pengguna. Selain itu, Groow juga memiliki fitur kustomisasi, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keunikan proses bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Groow ERP di nomor 081398261262


in ERP
ERP Open Source: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya