7 Cloud ERP untuk Kemudahan Kolaborasi Kerja

Di era digitalisasi ini, banyak yang mencari software untuk kolaborasi kerja dari mana dan kapan saja. Cloud ERP adalah software ERP yang dapat memudahkan integrasi dan kolaborasi kerja antar divisi tanpa batas jarak dan waktu.

Solution cloud sendiri adalah komputasi awan, yang mengombinasikan internet dan komputer. Cara kerja software cloud adalah dengan menyediakan server, database, dan penyimpanan secara online.

Dengan demikian, sistem ERP berbasis cloud dapat menyederhanakan alur kerja dan aktivitas bisnis perusahaan, mulai dari perusahaan kecil, menengah, hingga besar.
Pengertian ERP



Sistem ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem manajemen bisnis yang membantu perusahaan untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai proses bisnis. Mulai dari manajemen keuangan, persediaan, produksi, hingga sumber daya manusia.

Dalam era digitalisasi, banyak perusahaan yang beralih ke sistem ERP berbasis cloud, karena lebih fleksibel, aman, dan efisien. Cara kerja ERP adalah menghimpun data dari berbagai departemen secara terpusat dan terintegrasi, sehingga memudahkan komunikasi dan penggunaan data antar divisi.

Beberapa data tertentu mungkin bersifat confidential, sehingga hanya boleh diakses posisi tertentu. Nah, sistem ERP juga bisa dikustomisasi untuk memberikan akses terbatas untuk beberapa data tersebut. Selain itu, kebutuhan bisnis setiap perusahaan tentu berbeda-beda. Nah, Enterprise Resource Planning dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik tersebut.

Sederhananya, Enterprise Resource Planning hadir untuk membantu perencanaan sumber daya perusahaan dan menyederhanakan kegiatan bisnis perusahaan.
Pengertian Software Cloud



Software cloud adalah perangkat lunak yang dijalankan melalui internet dan disimpan di server jarak jauh. Berbeda dengan aplikasi desktop yang diinstal di perangkat keras, software cloud dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet. Software cloud telah membawa perubahan besar dalam penggunaan teknologi. Dengan adopsi cloud, perusahaan dapat mengakses data dari mana pun.

Selain itu, perusahaan juga tidak perlu memikirkan biaya perangkat keras dan perawatannya, karena penggunaan software cloud dapat dikatakan sebagai sewa server. Dengan demikian, perangakat keras dan perawatannya akan dikelola perusahaan penyedia software cloud itu sendiri.

Software cloud dapat meningkatkan kolaborasi dan produktivitas karyawan dari berbagai wilayah secara real-time. Selain itu, pemilik perusahaan juga bisa menggunakan perangkat lunak cloud untuk memonitor kinerja bisnis setiap karyawan berdasarkan laporan yang akurat.


7 Cloud ERP Terbaik

ERP cloud-based memungkinkan kolaborasi kerja yang lebih efektif di antara karyawan di berbagai lokasi. Ada banyak opsi ERP cloud-based yang tersedia di pasaran. Namun, kali ini akan dibahas 5 ERP cloud-based terbaik yang dapat membantu kolaborasi antar divisi untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih baik :


1. Groow ERP

ERP Groow mampu menyederhanakan proses pengelolaan operasi bisnis secara terintegrasi dan efisien. Meski terbilang baru, tetapi ERP cloud software ini menyediakan aneka macam modul yang terintegrasi yang mencakup seluruh proses bisnis.

Mulai dari human resources information system finance & accounting, inventory management, warehouse management system (WMS), e-procurement, supply chain management (SCM), asset management, customer relationship management (CRM), sales force, hingga point of sales.

Tak hanya itu, Groow ERP juga menawarkan beberapa fitur lain yang tak kalah penting, yakni:

- Integrasi dengan e-commerce demi kemudahan bisnis online.

- Unlimited user tanpa biaya tambahan.

- Dapat digunakan di website (desktop) maupun handphone (mobile application).

- Dapat terintegrasi ke WhatsApp.

- User-friendly

- Bisa dikustomisasi alias disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan secara unik dan rinci.

- Harga yang terjangkau untuk bisnis kecil, menengah, hingga besar.

- Dukungan penuh dari tim ahli, mulai dari konsultasi, implementasi, hingga perawatan (maintenance). 

- Bisa memberikan demo selama konsultasi awal.

- Metode pembayaran yang variatif.

Dengan demikian, Groow ERP sangat cocok untuk digunakan di berbagai industri. Mulai dari koperasi, perdagangan barang, jasa,distribusi, teknologi, food & beverage, hingga pariwisata dan perhotelan. 


2. Ecount ERP

Terkenal dengan modul akuntansi, Ecount memudahkan perusahaan dalam manajemen arus kas, akuntansi biaya, dan utang/piutang. Selain itu, ERP cloud software ini juga menjamin akurasi pencatatan keuangan dan menyediakan bantuan 24 jam.

Selain modul akuntansi, Ecount cloud ERP juga menawarkan modul inventaris, produksi, pembelian, penjualan, dan proyek, yang dilengkapi laporan yang rinci. Hal ini dapat membantu proses pengambilan keputusan yang lebih cepat.


3. Oracle

Oracle menawarkan cloud ERP yang mencakup modul finance, order management, fixed asset, entity relationship supply chain, dan lain sebagainya. Dilengkapi perangkat modern dan user-friendly, Oracle memudahkan para pengguna baru sekalipun untuk menggunakannya. 

Namun, untuk mendapatkan keuntungan tersebut, dibutuhkan hardware berspesifikasi tinggi dan biaya yang juga tinggi. Dengan demikian, bisnis berskala kecil dan menengah perlu mempertimbangkan kembali untuk menggunakan Oracle sebagai solusi ERP.


4. Microsoft Dynamics 365

Microsoft Dynamics 365 juga menawarkan cloud ERP yang terintegrasi dengan semua produk Microsoft lainnya. Dengan berlangganan setiap bulan, Anda bisa menikmati aneka modul fungsional dari Enterprise Resource Planning ini.

Sebut saja SCM, CRM, SCM, finance & operations, field service, human resource, business central, dan project service automation. Selain ERP cloud software, Microsoft Dynamics juga menyediakan ERP on-premise software yang sama-sama cocok untuk mengelola manajemen kompleks.


5. SAP

ERP berbasis cloud dari SAP menawarkan 3 modul penting, yakni: material management, sales and distribution, dan financial. Dengan modul-modul tersebut, SAP dapat membantu perusahaan untuk mengintegrasikan berbagai departmen.

Selain itu, SAP juga bisa diintegrasikan dengan e-commerce untuk memperluas jangkauan pemasaran perusahaan. Namun, perusahaan perlu mempertimbangkan kembali biaya dan manfaat yang akan diperoleh sebelum memilih SAP sebagai solusi perangkat lunak untuk perusahaan.


6. iDempiere

Enterprise Resource Planning berbasis web ini dapat dioperasikan di semua sistem operasi selama terhubung dengan jaringan internet dari server dan client. Selaku ERP open-source, iDempiere tetap bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan dan keunikan proses bisnis perusahaan tanpa mengganggu core system. Selain itu, iDempiere juga bisa digunakan banyak pengguna.


7. Workday

Workday ERP adalah ERP cloud software yang dapat digunakan untuk mengelola berbagai aspek operasional dan administratif. Workday memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan data dari setiap proses bisnis yang berbeda. Ini termasuk manajemen keuangan, sumber daya manusia, dan manajemen proyek.

Berfokus pada pengelolaan sumber daya manusia, sistem ERP ini juga menawarkan sejumlah fitur yang membantu pengelolaan karyawan, seperti: manajemen waktu, manajemen gaji, dan manajemen kehadiran. Solution cloud ini juga dapat membantu mengelola perubahan, termasuk reorganisasi, akuisisi, hingga penggabungan.

ERP cloud software memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Dengan menggunakan cloud ERP, pemilik perusahaan dan karyawan dapat berkolaborasi dari mana saja secara real-time.

Mengombinasikan cara kerja ERP dan cara kerja software cloud, ERP cloud dapat menyimpan seluruh data perusahaan dengan aman dan terpusat untuk diakses lintas divisi kapan pun dan di mana pun secara real-time.

Dengan menggunakan cloud ERP, perusahaan tidak perlu memiliki perangkat keras dengan spesifikasi tinggi untuk mengoperasikannya. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu memikirkan perawatannya yang cukup kompleks, karena itu menjadi tanggung jawab perusahaan penyedia ERP cloud software. 

Perawatan dan keamanan data perusahaan menjadi tanggung jawab penyedia Enterprise Resource Planning, maka pastikan Anda memilih cloud ERP dari vendor terbaik dan terpercaya, yaitu Groow ERP. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Groow Enterprise Resource Planning di nomor  0813 9826 1262.


in ERP
Software ERP: Pengertian, Keuntungan, Cara Kerja, dan Rekomendasinya